Kapernaum News

Switch to desktop Register Login

Menjadi Orang Kuat

orang-kuat01Shalom, Firman Tuhan pada hari ini disampaikan oleh gembala GBI Kapernaum Pdt. M Ferry H Kakiay, dengan judul "Menjadi orang Kuat, ayat bacaan diambil dari Epesus 6: 10-20. Doa kami kiranya menjadi berkat.

Tidak dapat dipungkuri bahwa roh jahat itu sebuah realitas yang ada disekitar kita, roh itu jugalah yang berusaha menjauhkan kita dari persekutuan dengan Allah. Ketika dia berhasil menjauhkan kita dari Allah, maka saat itu juga dia akan dengan leluasa menghancurkan hidup kita, termasuk didalamnya semua berkat-berkat Allah yang sudah kita miliki maupun yang akan kita miliki. Dalam Alkitab, realitas kuasa atau roh jahat juga diakui. Hal ini kita jumpai dalam Efesus 6: 10-20. Bagian Alkitab ini, relevan dengan kehidupan kita disegala zaman, termasuk kita yang hidup diakhir zaman ini.

Perhatikan ayat 10 yang berbunyi "Akhirnyan, hendaklah kamu kuat didalam Tuhan, didalam kekuatan kuasa-Nya. Perhatikan baik-baik ayat ini karena didalamnya ada sebuah kebenaran yang perlu kita renungan bersama bahwa : Tuhan menghendaki agar kita menjadi pribadi yang kuat didalam Dia. Mengapa demikian? Ada beberapa alasan : Pertama, karena hanya orang yang kuatlah yang mampu mengangkat beban yang berat. Kedua, hanya orang kuat yang dapat memenangkan peperangan. Ketiga, orang kuat adalah pribadi yang tahu strategi bagaimana menerobos dan meraih berkat Tuhan.

Karena itu seorang yang kuat dalam Tuhan minimal mempunyai dua hal dalam hidupnya sbb:

Pertama, Dia mengetahui Struktur atau Hirarki alam roh menurut Efesus 6 : 10-20

Menurut ayat 12, peperangan orang percaya bukan melawan darah dan daging tetapi melawan : Pemerintah-pemerintah, Penguasa-penguasa, Melawan penghulu-penghulu, Melawan roh-roh jahat diudara. Dengan kata lain seorang yang kuat itu dia harus tahu siapa musunya (mengidentifikasi) supaya ia dapat menyusun kekuatan untuk dapat mengalahkannya. (Hitung dulu kekuatan musu sebelumberperang, hitung dulu berapa anggarannya sebelum membangun rumah).

Dari identifikasi atas struktur alam roh ini, kita dapat simpulkan bahwa kekuatan roh jahat tidak bisa kita abaikan, tetapi bukan berarti kita harus takut dan takluk kepadanya, melainkan dengan kita sudah mengidentifikasi dunia alam roh jahat dengan baik, itu akan memudahkan kita untuk melakukan "serangan" sehingga pada akhirnya kita menjadi pemenang, bahkan lebih dari pemenang. Kita juga harus akui bahwa, diakhir zaman ini roh iblis akan bekerja lebih luar biasa untuk menghambat pertumbuhan rohani atau iman kita bahkan menghalangi berkat Allah untuk tercurah dalam kehidupan setiap kita. Secara filosofis, apa yang terjadi dalam alam nyata, itu merupakan out put ( akibat) dari apa yang terjadi di dalam alam roh (alam tidak nyata).

Kedua, Mempunyai Strategi untuk menerobos alam roh dan meraih berkat-berkat Allah di dalam hidup kita.

Berikut ini, kita akan mengidentifikasi beberapa kiat atau strategi yang akan menolong kita menerobos kekuatan alam roh jahat untuk "merampas" (meraih) berkat Allah bagi hidup kita, yang direkomendasikan oleh hukum strategi kerajaan sorga yang termaktup dalam ayat 14-18 pada pasal 6 dari kitab Efesus ini:

a. Berikatpinggangkan Kebenaran ( hidup benar). Dalam Amsal 14: 34 dikatakan bahwa Kebenaran meninggikan derajat bangsa, tetapi dosa adalah noda bangsa. Kalau kita hidup benar maka Tuhan akan mengangkat dan memberkati hidup kita.

b. Berbajuzirahkan keadilan (harus adil). Dalam Mika 6 : 8, Tuhan menuntut kita agar berlaku adil, mencintai kesetiaan dan hidup dengan rendah hati. Kalau hal-hal ini ada pada kita maka sudah pasti kita akan dihargai dan diberkati Tuhan.

Kaki berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil ( menjadi saksi Kristus dalam segala hal ). Tuhan menyertai setiap orang dengan kuasaNya agar pribadi tersebut dapat menjadi saksi. Baca Kisah Rasul 1:8 dan juga Matius 28:19-20.

D.Pergunakan perisai iman (hidup dalam iman ). Iman itu adalah dasar dari dari sesagala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari apa yang tidak kita lihat, Ibrani 11:1. Kalau kita punya iman maka kitalah orang yang disanggupkan Tuhan untuk mengalahkan dunia, 1 Yoh 5:4-5.

E. Terimalah ketopong keselamatan(pegang teguh keselamatan). Keto[pong itu untuk melindungi kepala, karena itu kita musti taru dalam kepala kita atau otak kita bahwa kitalah umat pemenang. Kita sudah diselamatkan. Jangan mau di tipu dan dijebak oleh setan. Jagalah pikiran saudara agar tetap positip.

F. Pedang Roh (di Drive oleh firman Tuhan). Setan tidak takut titel, pangkat dan jabatan saudara dalam dunia ini tetapi setan hanya takut satu hal saja yaitu pedaqng roh. Pribadi yang memiliki pedang roh adalah mereka yang mau dikuasai dan di kendalikan oleh Firman Tuhan. Pada mula dalah Firman, Firman Itu bersama-sama dengan Allah dan firman itu adalah Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Firma, Yohanes 1:1-3.

G. Bertekun dalam doa. Ternyata doa orang benar itu sangat besar kuasanya( Yak. 5: 16). Doa bukan sekedar kata-kata belaka tetapi doa adalah jalan untuk menyelesaikan persoalan hidup (Filipi 4:6). Dioa mampu merobah keadaan orang yang berdoa dan menarik tangan Allah untuk terlibat langsung dengan hidup kita. Karena itu berdoalah.

KESIMPULAN: Meskipun kuasa setan itu ada, dan berusaha menghancurkan hubungan baik kita dengan Tuhan sebagai Bapa yang sangat mengasihi kita, dia juga berusaha menghambat dan menghalangi berkat-berkat Allah yang sudah disediakan bagi kita, namun jangan takut, kita punya Tuhan yang luar biasa, yang sanggup menolong kita untuk menerobos semua kekuatan setan, sehingga kita hidup dalam kemenangan, hidup dalam sukacita dan damai sejahtera, hidup dalam kelimpahan Allah, hidup dalam berkat-berkatNya yang sudah Ia janjikan kepada kita. Selamat menerobos semua kekuatan musuh dan rebutlah berkat-berkatNya yang telah Ia sediakan bagi kita secara melimpah-limpah, bersama Yesus pasti biasa, karena Dia sendiri yang akan meninjak-injak musuh-musuh kita Mazmur 108: 14. Maju terus,Tuhan Yesus memberkati.GBU @KprNews

© GBI Kapernaum | Jl. Jend. Ahmad Yani Kav.65 Cempaka Putih Timur - Jakarta 10510

Top Desktop version